Detail Blog

Image
Image

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Image

Asupan makanan yang ideal bagi ibu hamil bukan berdasar pada jumlah porsi, melainkan jumlah kandungannya. Makanan harus mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan. Lantas, apa saja makanan sehat untuk ibu hamil? Yuk, simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini!

Daging 


Daging tanpa lemak (sapi dan ayam) adalah sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik. Daging juga kaya kandungan zat besi yang bertugas mengantarkan oksigen ke semua sel tubuh. Ibu hamil butuh lebih banyak zat besi karena volume darahnya meningkat ketika hamil, terlebih pada trimester ketiga. Namun akan sulit untuk memenuhi kebutuhan zat besi melalui makanan saja, terutama jika ibu tidak menyukai daging atau vegetarian.

Ikan


ikan salmon, tuna, dan bandeng adalah makanan yang sehat untuk ibu hamil karena kaya akan protein hewani dan asam folat. Meski begitu, ibu hamil perlu hati-hati dalam memilih ikan. Hindarilah ikan yang kondisinya sudah tidak segar ataupun pada beberapa ikan laut yang sudah tercemar merkuri. Ikan jenis ini justru berbahaya bagi kandungan. Sebaiknya ikan pun dikonsumsi secara matang karena ikan mentah berisiko tercemar bakteri dan meningkatkan kadar lemak jenuh.

Telur


Di dalam telur terdapat kandungan gizi penting, seperti kolin yang membantu mencegah cacat lahir serta masalah pada otak dan tulang belakang janin. Kolin juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang ibu dan mencegah komplikasi kehamilan, seperti tekanan darah tinggi yang berbahaya. Kamu dapat mengolahnya dengan berbagai cara, misalnya direbus, dibuat telur mata sapi, atau dijadikan isian roti.

Buah & Sayur

Makanan dengan kandungan vitamin C baik untuk dikonsumsi pada trimester pertama. Ini karena vitamin C menambah kekebalan tubuh dan gangguan infeksi. Zat gizi yang terkandung pada sayuran hijau dan buah, seperti vitamin C, kalsium, zat besi, asam folat, dan kalium, tentu baik untuk ibu dan janin dalam kandungannya.

Susu & Olahannya

Susu, yoghurt, dan keju merupakan pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan protein dan kalsium selama masa kehamilan. Meski baik untuk kesehatan, perlu diingat bahwa susu mentah termasuk makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena mengandung bakteri yang berbahaya bagi ibu dan janin. Apabila kebutuhan protein dan mineral terpenuhi maka tentu bisa menunjang perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Kacang-kacangan


Kacang kedelai, kacang tanah, buncis, dan kacang polong adalah jenis kacang-kacangan yang termasuk daftar makanan yang bagus untuk ibu hamil. Kacang juga merupakan makanan yang baik untuk serat, yang membantu mencegah sembelit dan wasir.

Ubi

Ubi adalah salah satu camilan sehat untuk ibu hamil yang mengandung vitamin A. Jenis vitamin ini sangat penting untuk mendukung perkembangan janin. Ibu hamil dapat menikmati ubi dengan berbagai cara, yakni direbus, dipanggang, atau dikukus.

Copyright © Bidan Saumi. All rights reserved.